Friday 23 November 2018

Membedakan Gejala Tipes Dengan Gejala Maag

Salah satu perut kembung dan nyeri sering dianggap sebagai gejala maag. Tapi gejala tersebut juga dapat Anda rasakan ketika menderita penyakit tipes. Kedua penyakit tersebut seringkali menyebabkan perut kembung, asam lambung naik, dan tak nyaman. Meskipun memiliki gejala yang sama, namun kedua penyakit ini berbeda. Bagaimanakah mengetahui gejala yang saya alami bukanlah gejala tipes? Dan apa perbedaan gejala maag dan tipes? Berikut penjelasannya. 

Cara membedakan gejala tipes dan maag 


Tipes merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thypi yang ada di dalam makanan atau minuman yang terkontaminasi. Sedangkan maag yaitu gejala gangguan pencernaan. 


Saat seseorang merasakan sakit perut, mual, perut kembung, ulu hati terasa sakit atau panas mungkin Anda berfikir itu adalah maag. Maag disebut dengan gastritis artinya peradangan atau luka lambung yang terjadi karena berbagai hal. Umumnya, gangguan kesehatan ini disebabkan oleh naiknya asam lambung karena pola makan yang kurang baik. 

Bila sakit perut yang dialami saat mengalami gejala tipes, itu disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang pencernaan. Sehingga, saat bakteri yang berada di dalam makanan dan minuman masuk ke dalam tubuh, bakteri itu akan bertahan dan berkembang dalam organ pencernaan sekitar tiga minggu. Selanjutnya, bakteri menyebar melalui pembuluh darah dan membuat sistem kekebalan tubuh melemah. 

Mengetahui gejala yang dialami merupakan gejala tipes 


Maag dan tipes sama-sama menimbulkan gejala nyeri dan kram diperut, gejala tipes umumnya akan disertai dengan gejala lain seperti :
  • Sakit kepala 
  • Diare atau sembelit 
  • Demam lebih dari 38°C 
  • Kurangnya nafsu makan 

Gejala tipes biasanya muncul setelah 1 sampai 2 minggu saat seseorang terkena bakteri Salmonella. Segera priksakan ke dokter bila Anda mengalami gejala tersebut untuk mengetahui kesehatan dan keadaan tubuh Anda. 

Jangan meremehkan penyakit tipes 


Banyak yang tidak tahu bahwa dirinya terserang penyakit ini. Penyakit tipes yang tidak segera diobati akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan lainnya, gangguan tersebut dapat berupa : 

  • Muntah 
  • BAB berdarah 
  • Pendarahan di organ pencernaan 
  • Kesulitan bernafas 

Sebaliknya, bila infeksi ini ditangani dengan cepat dan tepat, penyembuhannya tak membutuhkan waktu lama. Dokter akan memberikan obat antibiotik agar bakteri tidak berkembang dan tumbuh lagi. Dokter juga akan memberikan pengobatan untuk meringankan gejala yang muncul.

No comments:

Post a Comment