Tuesday 22 January 2019

Wacana Perawatan Bayi Prematur Di Rumah Sakit

Bayi yang lahir sebelum genap Sembilan bulan yang berada dalam kandungan disebut dengan bayi prematur. Yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan fungsi organ belum berjalan dengan baik. Oleh karena itu bayi prematur harus lebih memrlukan perwatan dan perhatian dari orang tua. Kondisi bayi prematur biasanya memiliki tubuh yang kecil dan berat badanya kurang dari 1.4 kg. Bayi prematur mesti berbeda dengan bayi yang lain. Sehingga orang tua harus lebih memperhatikan terhadapnya.

merawat bayi prematur

Apabila bayi prematur sudah bisa dibawa pulang maka orang tua juga harus lebih memperhatikannya, dengan kondisi rumah yang harus benar-benar bersih dan terjaga. Selain itu apabila kondisi ruangan yang tidak memungkinka atau berasa dingin maka sebaiknya orang tua harus tau cara bagimana agar bayi tidak kedinginan dan merasa hangat sehingga bayi bisa tenang saat tertidur. 

Cara tersebut yaitu dengan cara melatakan bayi premature didalam INKUBATOR. Inkubator bayi merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga suhu dalam ruangan supaya suhu tetap konstan/ stabil. Sehingga bayi akan tetap terjaga dan terlindungi. 

Tips Merawat Bayi Prematur


1. Metode perawatan kangguru

Cara perawatan dengan metode tersebut adalah ibu menggendong bayi dengan memasukan bayi ke dalam baju atau juga bisa dengan menggunakan bantuan kain khusus agar kulit bayi bisa bersentuhan langsung dengan ibu. Dengan cara demikian tubuh bayi akan merasa hangat dan terlindungi sehingga membuat bayi tertidur nyenyak. 

2. Menyusui bayi premature

Memberikan ASI atau menyusui bayi premature juga sangat baik, karena bayi dapat memenuhi nutrisi yang diprlukannya dan meningkatkan antibodi dalam tubuh sehingga bayi terlindungi dari infeksi dan virus . 

3. Beri bayi imunisasi atau vaksin

Salah satu cara untuk melindungi bayi dari infeksi dan virus yaitu dengan cara memberikan imunisasi atau vaksin. Ibu bisa mengikuti jadwal imunisasi pada bayi, kecuali untuk vaksin hepatitis B. 

4. Batasi penjenguk

Karena bayi premature sangat rentang dan mudah terkena penyakit, untuk itu ibu harus lebih memperhatikannya dan membatasi untuk orang-orang yang ingin menjenguk. Selain itu jauhkan juga bayi dari anggota keluarga yang sedang sakit.

No comments:

Post a Comment