Wednesday 28 November 2018

Makanan yang Baik dan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Terkena Tipes

Tipes atau demam tifoid merupakan infeksi yang menyerang sistem pencernaan yang disebabkan bakteri salmonella thypi. Bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi.


Bagi Anda yang menderita penyakit ini, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi. Apa saja sih makanan tersebut, berikut ulasannya : 

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita penyakit tipes 


1. Makanan bertekstur lunak 

Karena penyakit ini menginfeksi sistem pencernaan, maka dianjurkan mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak, lembek, dan berkuah. Sehingga, makanan tersebut lebih mudan dicerna oleh tubuh. 


Itu karena sistem pencernaan orang yang mengalami tipes dalam kondisi yang kurang baik dan membutuhkan waktu dalam proses penyembuhannya. Pemberian makanan yang lunak, lembek, dan berkuah juga dapat menghindari komplikasi pendarahan di usus serta perforasi usus. 

2. Makanan tinggi protein 

Protein sebagai sumber tenaga dan zat yang berguna dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan yang rusak. Asupan makanan yang tinggi protein sangat diperlukan dalam mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena protein mampu memperbaiki sel-sel yang rusak akibat infeksi. 


Makanan sebagai sumber protein yang baik dikonsumsi penderita tipes ialah daging ayam bagian dada, hati ayam, ikan, telur, tahu, dan tempe. Disarankan, beberapa sumber protein tersebut dibuat lebih lunak dan berukuran lebih kecil. Atau Anda bisa merebusnya, dibuat sup, dikukus serta hindari memasak dengan cara digoreng, karena bila digoreng membuat makanan tersebut lebih keras dan sulit dicerna. 

3. Makanan Rendah Serat 

Pantangan untuk Anda bila mengidap penyakit ini adalah mengonsumsi makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Karena, makanan yang mengandung serat tinggi sulit dicerna dan bisa mengiritasi usus yang sudah meradang. 


Konsumsi buah dan sayur yang rendah serat, tetapi memiliki vitamin dan mineral penting seperti kacang panjang, asparagus, buncis muda, tomat, brokoli, labu siam, wortel, melon, pisanh, aprikot, dan alpukat. Selain itu, makanan rendah serat lainnya yaitu pasta, nasi putih, kentang, dan roti tawar. 

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit tipes 


Makanan pedas tentunya menggugah nafsu makan, sayangnya makanan ini harus dihindari penderita tipes. Tipes membuat usus sehat Anda leka karena infeksi bakteri salmonella thypi. Maka dari itu, makanan pedas membuat organ pencernaan terutama usus mengalami rasa panas hingga terjadi pembengkakan bahkan pendarahan. Hal tersebut bisa memperparah keadaan dan memperlambat proses penyembuhan tipes. 


Ada juga makanan dan minuman lainnya yang tidak boleh dikonsumsi saat terkena tipes, sebagai berikut : 

  • Makanan cepat saji (fast food) 
  • Makanan mentah, contoh sushi dan salad yang tak direbus 
  • Makanan berbumbu tajam 
  • Makanan berlemak tinggi, misalnya santan, gorengan, dan junk food 
  • Minuman berkafein, bersoda, dan alkohol 

Tipes sendiri menimbulkan gejala diare, jadi si penderita rentan terkena dehidrasi. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih. Setidaknya minum 6-8 gelas sehari. Minumlah setiap kali merasakan haus agar kebutuhan cairan terpenuhi.

No comments:

Post a Comment