Wednesday 28 November 2018

Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Maag

Maag yaitu kondisi yang ditandai dengan naiknya asam lembung dikerongkongan yang disebabkan oleh refluks asam lambung. Kondisi ini bisa timbul akibat makanan pedas, makanan berminyak, minuman berkafein, dan juga alkohol. 



Mengonsumsi asupan yang baik untuk membantu menenangkan ketidaknyamanan dengan menetralkan sama yang terdapat pada asupan yang barusan Anda makan. Berikut ini berbagai makanan dan minuman yang baik untuk Anda penderita maag. 

1. Nanas dan Pepaya 

Kedua buah tersebut mengandung bromelin dan papain, zat tersebut dikenal sebagai prostease, yaitu enzim pencernaan yang membantu pemecahan protein. Menggabungkan kedua buah tersebut untuk diet dapat membantu meringankan sakit maag dengan memfasilitasi pemecahan protein. 

2. Pisang 

Pisang memiliki tingkat keasaman yang rendah dan baik dikonsumsi jika Anda merasakan gejala sakit maag. Satu buah pisang lembek bagus untuyk meringankan ketidaknyamaanan, karena ia menempel pada lapisan esofagus yang mengalami gangguan dengan membentuk lapisan pelindung. 

3. Teh Jahe 

Tumbuhan berakar ini merupakan obat yang digunakan untuk masalah pencernaan. Memarut jahe sepanjang 3cm dan memasukannya ke dalam air mendidih adalah cara untuk membuat ramuan teh pereda nyeri. Teh jahe efektif sebagai anti-inflamasi dan pereda asam lambung. 

4. Susu Almond 

Mengonsumsi susu almond untuk sarapan, mengurangkan masalah lambung menjadi lebih sedikit. Bila cenderung memiliki refluks asam lambung, susu almond membantu menetralisir makanan asam. Membuat smoothie yang lezat campurkan 1 cangkir stroberi, satu buah pisang beku, satu cangkir susu almond, dan satu cangkir bayam. 

5. Oatmeal 

Semangkuk oatmeal kaya akan serat sehat, mampu melindungi, dan menyangga perut Anda. Menghindari krim kental pada oatmeal, lemak sehat akan melemaskan sfingter esofagus bawah, jadi mencegah isi lambung naik kembali. 

7. Garam Beryoudium 

Yodium yang rendah dapat mengakibatkan hipotiroid sering dikaitkan dengan asam lambung. Bagi Anda yang tidak dapat mengonsumsi fgaram karena alasan kesehatan, Anda perlu mempertimbangkan untuk mengambil suplemen yodium. Natrium yang rendah baerikatan dengan asam lambung, untuk itu mengonsumsi sedikit garam dalam diet Anda. 

8. Lidah Buaya dan Seledri 

Lidah buaya dikenal sebagai penyembuhan alami dan perawatan maag. Tanaman ini juga bisa digunakan dalam resep sebagai penggumpalan cairan dan pengental. 

Daun seledri hampir tidak mempunyai kalori karena kandungan airnya yang tinggi dan merupakan pilihan yang baik bila Anda memiliki asam lambung. Seledri dapat digunakan sebagai penekan nafsu makan dan sumber serat.

No comments:

Post a Comment